Mengecap dan Mencium Sebagai Indera Perasa Bayi yang Sensitif

Image result for Indera Perasa Bayi yang Sensitif

Sampai pada akhir bulan pertama ini, bayi Anda akan mengalami perkembangan pada pola makan dan tidur mereka. Pada usia ini, bayi Anda harus diberi makan setiap kali mereka menunjukkan sinyal lapar, disarankan sebelum mereka menangis. Maka dari itu penting pula menjaga kebersihan alat makan bayi dengan menggunakan pencuci anti bacterial. Selain itu, juga masih banyak kebiasaan bayi yang perlu Anda ketahui seperti yang akan dibahas dalam artikel berikut.

Mengecap dan mencium.

Bayi sudah memiliki indera perasa. Faktanya, bayi yang baru lahir memiliki pengecap rasa yang lebih baik ketimbang orang dewasa. Kepekaan terhadap rasa manis dan asin sudah ada sejak mereka lahir, tapi reaksi akan makanan asin baru akan muncul ketika anak berusia lima tahun.Bayi menggunakan indera penciuman sejak mereka dilahirkan dan mampu mendeteksi bebauan. Lihatlah saat si bayi memalingkan kepala mereka ketika si kecil mencium sesuatu yang tidak enak, seperti popok yang kotor. Penting untuk Anda menggunakan sabun mandi cair dengan pH yang sesuai setelah mengganti popok yang kotor seperti terdapat dalam link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/ingin-menggunakan-sabun-mandi-cair-untuk-bayi-perhatikan-lebih-dulu-kadar-ph-yang-dimilikinya.

Studi menunjukkan bayi yang baru lahir lima hari akan memalingkan wajah mereka dari lap yang basah dengan ASI, ini mengindikasikan si kecil bisa mencium bau ASI. Dan beberapa hari kemudian si kecil akan menunjukkan kepekaan dan mengenal bau ASI ibu mereka. Dan dengan menggunakan indera penciuman pula, bayi Anda mampu mendekat diri ke payudara Anda untuk menyusui.

Gerakan naluriah

Rooting refleks atau refleks mencari merupakan gerakan yang bayi Anda sudah miliki sejak lahir. Refleks ini akan bantu mereka menemukan payudara Anda dan belajar untuk mencari makan. Ketika Anda menyentuh pipi, bibir, atau mulut mereka dengan jari atau puting susu, bayi Anda akan memutar kepala mereka untuk menghadap Anda dan membuka mulutnya.

No Comments

Leave a Comment