Destinasi Wisata Pangandaran Untuk Berkemah 2019

Kalau mendengar kata Pangandaran, barangkali Pantai Pangandaran yang sudah sangat tersohor itu adalah hal pertama yang melintas di pikiran Anda. Tapi, apakah pantai tersebut adalah satu-satunya lokasi tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda mampir ke sana? Jawabannya tentu saja tidak. Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat ini masih menyimpan banyak pesona yang menanti untuk ada temukan dan eksplor, lho, Apalagi jika Anda adalah penggemar wisata alam dan paling senang menjelajahi medan yang masih alami. Keindahan alam yang tersaji pasti akan mampu memanjakan seluruh indera Anda, menggantikan kegaduhan maupun pemandangan kota besar penuh dengan gedung pencakar langit yang selama ini Anda saksikan setiap hari. Jika Anda sudah memastikan rencana berlibur ke Pangandaran dalam waktu dekat ini, jangan sampai Anda melewatkan tempat-tempat ini. Salah satu tempat wisata Pangandaran ini berlokasi di Desa Bagolo. Berbeda dengan Pantai Pangandaran yang selalu ramai dikunjungi turis, Pantai Karapyak cenderung lebih tenang. Karenanya, tidak mengherankan kalau lingkungannya masih asri dan lebih alami. Kesejukan angin pantai di sini dijamin akan membuai Anda kala bersantai, apalagi dengan jajaran pepohonan yang rimbun nan rindang di sekeliling pantai. Pasirnya berwarna putih cantik, kontras dengan kokohnya batu karang yang tersebar di sepanjang pesisir.

Warna air lautnya pun tak kalah cantik, dengan cipratan warna kehijauan nan segar yang berasal dari koloni alga hijau. Lautnya pun jernih, sehingga Anda tidak akan kesulitan saat ingin menyaksikan pemandangan di bawah air. Tentu saja Anda wajib berhati-hati agar tidak tergores karang. Akan tetapi, kenyamanan alami ala Pantai Karapyak jelas wajib Anda rasakan sendiri. Nama lainnya adalah Green Canyon, mungkin karena warna hijau adalah warna yang langsung Anda lihat begitu menginjakkan kaki di salah satu tempat wisata Pangandaran paling indah ini, terutama kesegaran warna hijau turquois yang berasal dari airnya. Arstitektur alaminya adalah hasil dari proses erosi tanah lantaran aliran Sungai Cijulang yang terjadi selama jutaan tahuj lamanya. Anda dijamin tidak akan berhenti terkagum-kagum selama menghabiskan waktu di Cukang Taneuh. Lokasi Cukang Taneuh ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulan, Pangandaran. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang dijamin seru. Misalnya sekadar menyusuri sungai sambil bersantai, atau seru-seruan bersama teman atau keluarga sambil bermain arung jeram.

Pemandangannya juga 100% Instagramable, alias pantas untuk diabadikan dan dipamerkan di akun media sosial! Jadi, Anda yang suka foto-foto jelas akan menemukan keasyikan sendiri saat mengabadikan keindahan alami Cukang Taneuh. Jika Anda penggemar wisata pantai, maka jangan sampai Anda melewatkan Pantai Madasari! Berlokasi di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, tempat wisata Pangandaran yang satu ini juga adalah pantai yang letaknya berada di pesisir paling selatan Jawa Barat. Oleh warna lokal, Pantai Madasari juga dikenal dengan nama Bulak Benda. Air laut yang jernih dan kehijauan akan memanjakan Anda dengan pemandangan hewan laut yang bisa Anda saksiksan dengan mudah. Kemudian, Anda juga bisa jelajahi pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang pantai. Total ada 6 pulau, yaitu: Pandan Nyampai, Cariuk, Legok Gandu, Karang Seugeuh atau Batu Leuit, Batu Sebrotan, dan Batu Gedogan. Selain bersantai bermain air atau pasir, Anda juga bisa melakukan aktivitas rekreasi lainnya, seperti memancing, fotografi, bahkan berkemah.

Hanya karena Pantai Keusik Luhur belum seterkenal Pantai Pangandaran, bukan berarti lokasi ini lantas bisa Anda lewatkan begitu saja ketika mengunjungi Pangandaran! Justru, Anda malah bisa menikmati sepenuhnya keindahan tempat wisata Pangandaran yang satu ini tanpa harus terganggu banyaknya pengunjung, kan? Apalagi, pemandangan alam di sini dijamin akan membuat Anda terpana. Pemandangan pantai yang biasa Anda temui bukanlah apa yang bisa Anda lihat di sini. Justru, Pantai Keusik Luhur menawarkan pemandangan spektakuler alam pegunungan dan lautan yang bertemu dan berdampingan dengan harmonis di sini. Walaupun Anda tidak bisa berenang atau berselancar lantaran medannya yang berkarang dan ganasnya deburan ombak di sini, sekadar menyaksikan pesona alam dan mengabadikannya menggunakan kamera dijamin sudah cukup mengusir penatnya pikiran Anda karena tekanan kehidupan di kota besar. Pantai yang lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Pangandaran ini cocok bagi Anda yang ingin berselancar sambil menikmati keindahan pantai. Apalagi gelombang lautnya sangat bersahabat, sehingga Anda juga bisa menghabiskan waktu Anda dengan berenang di sini.

Selain itu, Anda juga bebas mau mengunjungi Pantai Batu Karas di pagi maupun sore hari, karena pemandangan sunset maupun sunrise di sini sama-sama cantik. Kalau Anda tidak mau melewatkan kedua momen tersebut, Anda bisa pilih menginap di penginapan atau hotel yang banyak tersedia di sekitar lokasi ini. Gua Sumur Mudal adalah salah satu lokasi wisata di Pangandaran yang bukan pantai, namun sama-sama memesona. Sudah banyak wisatawan yang membuktikan keindahan arsitektur buatan alam di gua ini. Dulu, ada mata air di dalam gua yang bentuknya mirip dengan sebuah sumur. Air yang keluar dan mengalir dari mata air tersebut “mudal” atau mendidih, sehingga nama lokasi ini pun menjadi Gua Sumur Mudal. Di sini, Anda bisa menikmati wisata air yang dikemas dengan cara yang berbeda. Sebab, Anda bisa menjelajahi Sungai Santirah sambil memacu adrenalin dengan mengikuti aktivitas river tubing. Serunya berarung jeram di sini bisa Anda rasakan dengan menaiki ban besar, bukannya perahu karet. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota karena jaraknya kira-kira hanya 15 km.

No Comments

Leave a Comment