4 Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah yang Harus Diwaspadai

Sebenarnya nyeri perut kanan bawah itu tanda apa? Sebagian besar dari Anda pastinya sering merasakan gejala yang satu ini tanpa tahu penyebab pastinya. Ketika mengalami gejala ini tentu Anda akan berpikir bahwa nyeri itu akan hilang dan bukan merupakan gejala yang serius. Namun jangan sepelekan hal tersebut. Berikut beberapa penyebab yang perlu diwaspadai.

  1. Apendisitis

Apendisitis merupakan radang usus buntu yang menjadi penyebab paling umum terjadinya nyeri pada bagian perut kanan bawah. Usus buntu merupakan organ perpanjangan dari usus besar. Radang usus buntu ini dapat terjadi karena adanya sumbatan pada bagian usus buntu yang menyebabkan infeksi. Akibatnya usus membengkak dan menghasilkan rasa nyeri yang hebat.

  1. Kolik Bilier

Kolik bilier merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan nyeri perut kanan bawah yang terjadi secara tiba-tiba. Hal yang satu ini biasnya terjadi karena adanya sumbatan pada saluran empedu yang diakibatkan oleh batu empedu. Pada umumnya nyeri ini akan berlangsung selama beberapa menit hingga satu jam setelah mengonsumsi makanan berlemak.

Nyeri yang dirasakan biasanya dapat terjadi secara mendadak dan terus menurus. Bahkan terkadang nyeri tersebut dapat meningkat intensitasnya. Nyeri yang timbul karena gejala yang satu ini biasnya terjadi pada bagian perut sisi kanan dan bawah tulang belikat kanan. Tak hanya itu saja, bahkan terkadang nyeri ini juga disertai dengan mual dan muntah.

  1. Batu Ginjal

Jika Anda memiliki batu ginjal, mungkin Anda juga akan merasakan nyeri pada perut bagian kanan bawah. Nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal hampir sama dengan nyeri akibat batu empedu. Rasa nyeri tersebut dapat muncul secara mendadak. Bahkan terkadang rasa nyeri tersebut juga akan menjalar ke daerah pangkal paha yang disertai dengan kram, mual, dan muntah.

Dalam beberapa kasus rasa nyeri ini juga akan sering muncul dalam intensitas yang parah. Sehingga seseorang yang mengalaminya cenderung akan mencari posisi paling nyaman. Rasa nyeri yang timbul juga tergantung dari besarnya batu pada ginjal. Semakin besar batu pada gijal tersebut maka sekain tinggi pula intensitas rasa nyeri yang terjadi.

  1. Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan masalah kesulitan buang air besar. Perlu untuk diingat bahwa hal yang satu ini bukan hanya disebabkan karena feses yang mengeras atau susah keluar. Namun hal ini juga bisa disebabkan karena Anda jarang buang air besar. Normalnya orang dewasa akan buang air besar selama 3 kali dalam seminggu atau bahkan lebih.

Itulah beberapa penyebab terjadinya rasa nyeri perut kanan bawah yang perlu diwaspadai. Jangan pernah menyepelekan rasa nyeri yang terjadi pada bagian perut kanan bawah. Pasalnya hal ini bisa menjadi gejala adanya penyakit yang serius. Jika alami nyeri pada bagian kanan bawah pastikan Anda mengetahui apa penyebabnya dengan pasti agar mendapat penanganan yang benar.

No Comments

Leave a Comment