Wisata Sejarah Peradaban, Candi Sewu

Berjalan di kawasan Jogja, wisatawan disuguhkan menu dengan berbagai jenis objek wisata. Dari objek pantai di Gunung Kidul Jogja, wisata dataran tinggi di lereng Merapi dan yang tidak kalah istimewa adalah wisata sejarah dan budaya. Dibandingkan dengan daerah lain di Jawa, wilayah Yogyakarta mungkin merupakan daerah peninggalan bersejarah yang paling padat penduduknya. Terutama kompleks candi di daerah antara lereng selatan Gunung Merapi di utara hingga Pegunungan Sewu di selatan. Candi Sewu adalah salah satu dari puluhan candi di daerah tersebut. Kompleks Candi Sewu adalah koleksi candi Budha terbesar di daerah sekitar Candi Prambanan. Kompleks candi ini memiliki rentang utara-selatan 185 meter dan timur-barat 165 meter. Pintu masuk ke kompleks candi terletak di empat sudut angin. Tetapi ketika Anda melihat bangunan, itu berarti bahwa pintu depan ada di sisi timur. Di setiap pintu masuk gerbang dipandu oleh gambar Dwarapala. Dwarapala adalah meteran besar lebih dari 2 meter.

Dalam komposisi yang lengkap, kompleks candi Sewu terdiri dari 249 bangunan candi yang dirancang untuk membentuk mandala wajradhatu, pelaksanaan alam semesta dalam kosmologi Buddha Mahayana. Di setiap arah angin, masing-masing pasangan contoh sudut saling berlawanan. Tetapi saat ini hanya sudut timur candi dan sudut utara candi yang masih utuh. Kuil yang lebih kecil mengelilingi candi utama, tetapi beberapa bagian tidak lagi utuh. Di belakang deretan keempat candi kecil ada halaman beraspal dan di tengahnya ada candi utama. Candi utama memiliki peta dengan poligon bersudut 20 yang menyerupai salib dengan diameter 29 meter dan tinggi 30 meter. Di setiap arah angin, sebuah bangunan menjorok ke luar, masing-masing dengan tangga dan ruangnya sendiri, dan diberikan penataan stupa.

Seluruh bangunan candi terbuat dari andesit. Berdasarkan hasil pada saat restorasi, diperkirakan bahwa desain asli bangunan itu hanya candi utama dengan satu ruangan. Kuil kemudian diperluas dengan menambahkan struktur tambahan. Ruang utama di tengah lebih besar dengan atap yang lebih tinggi dan dapat diakses melalui ruang timur. Tidak ada gambar di lima kamar ini sekarang. Namun, mengingat keberadaan pondasi batu bertahta atau takhta di ruang utama, diyakini bahwa ada patung manjusri bodhisattwa atau Buddha perunggu 4 meter di ruangan ini. Tapi sekarang gambar itu telah hilang, mungkin telah dipetik untuk mengambil logamnya sejak berabad-abad lalu.

Candi Sewu terletak di Kompleks Candi Prambanan di Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Raya Solo KM. 16 Klurakbaru, Tlogo, Kalasan Sleman. Rute dan moda transportasi ke candi Sewu Jogja. Candi Sewu berjarak 17 km dari Solo, dari Yogyakarta. Pertimbangkan lokasi nada daerah perkotaan, pengunjung dapat mengandalkan peta google untuk pergi ke lokasi.

No Comments

Leave a Comment